sound

Sunday, November 27, 2016

Pengertian Identitas Nasional Dan Unsurnya

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat di katakana kita semua memiliki hubungan yang erat karena hidup di dalam suatu kesatuan yang sama yaitu kesatuan Indonesia.

Di dalam suatu bangsa pastinya memeiliki hal yang hanya dapat di temukan di bangsa tersebut seperti bahasa, suku, agama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ciri khas tersebut akan berbeda antara Negara satu dengan Negara yang lainnya.

Itu semua dapat di katakana sebagai identitas nasional. Untuk dapat lebih jelasnya tentang identitas nasional dapat di jelasakan sebagai berikut.


Pengertian Identitas Nasional
Identitas nasional adalah sekumpulan nilai budaya yang muncul, tumbuh, dan berkembang di dalam segala aspek kehidupan dari setiap suku yang telah di himpun di dalam satu kesatuan Indonesia manjadi kebudayaan nasional beracu pada pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar serta arah pengembangannya.

 Identitas nasional kita yang sebagai bangsa Indonesia pada hakikatnya pancasila lah yang sebagai cerminan dalam menata kehidupan. Penataan kehidupan yang di maksudkan adalah penataan pergaulan seperti yang telah diatur oleh undang-undang baik itu di dalam taraf nasional ataupun internasional. Dengan demikian nilai identitas nasional yang kita miliki menjadi cerminan negara dan bangsa yang kita tempati. Nilai identitas nasional adalah sesuatu yang tidak dapat di lepaskan lagi tetapi terus menjadi sesuatu yang di nilai oleh orang banyak yang terus terjadi di dalam kemasyarakatan.

Unsur Identitas Nasional

Identitas nasional memiliki beberapa unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur identitas nasional itu adalah sebagai berikut :

1. Suku Bangsa
Suku bangsa adalah salah satu yang sangat berhubungan untuk dapat membentuk identitas nasional. Hal ini nenunjuk karena golongan social adalah ciri yang khusus di miliki oleh suatu kelompok dan berbeda dengan kelompok lainnya. Di Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa yang tersebar di setiap daerahnya.

 2. Agama
Agama adalah pembentuk identitas nasional yang berkaitan dengan nilai agama. Agama yang ada dan berkembang di nusantara menjadi salah satu pembentuk identitas nasional. Agama yang ada di Indonesia adalah islam, hindu, katolik, Kristen, budha, dan kong hu cu.

3. Kebudayaan
Kebudayaan yang ada di dalam lingkungan bangsa dan Negara menjadi pembentuk identitas nasional yang sangat terlihat dan mencolok akan keanekaragaman dan keunikannya.

4. Bahasa
Bahasa yang di gunakan dalam bangsa dan Negara sangat berbeda cara penguca[annya, ciri pengucapannya, dan lain lain yang berguna sebagai identitas nasional.




No comments:

Post a Comment