sound

Sunday, November 27, 2016

Pengertian Konflik Dan Macam-Macam Konflik

       Pada pertemuan kali ini kita akan membahas artikel mengenai konflik. Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita dengan sebuah konflik, baik konflik yang ada didalam keluarga maupun yang ada dilingkungan kita.

      Untuk itu didalam pembahasan artikel kali ini akan dijelaskan tentang apa sebenarnya dari konflik. Karena konflik bisa menyebabkan kerusuhan didalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu kita harus mengetahui arti sebenarnya dari konflik itu sendiri. Langsung saja kita mulai pembahasan mengenai artikel kali ini yang akan dijelaskan sebagai berikut.


Pengertian Konflik

Konflik yang berasal dari kata configere yang berartikan memukul. Sedangkan secara sosiologi pengertian dari konflik ialah suatu proses diantara dua orang ataupun lebih yang saling berusaha untuk dapat menyingkirkan satu sama lainnya.


 Sedangkan menurut Soekarto pengertian konflik yang berdasarkan dari tujuan. Pengertian konflik ialah pertentangan supaya berusaha untuk memenuhi tujuan dengan cara menentang dari pihak lawan. Dan senada dengan Soekanto menurut Lewis A.Coser didalam bukunya yaitu The Function of Social Conflict, pengertian konflik ialah perjuangan nilai ataupun tuntutan atas status. Dan ditambahkan pula bahwa konflik ialah bagian dari masyarakat yang akan selalu ada. Sedangkan menurut Littlejohn dan Domenici (2007) yang membagi 3 pengertian dari konflik adalah sebagai berikut.


  1. Konflik sebagai pertentangan didalam perebutan dari tujuan (conflict in the struggle for goals).
  2. Konflik sebagai sebuah antagonism dan juga konflik sebagai oposisi sosial (conflict as social opposition).
  3. Jika kita melihat dari sudut pandang politik konflik diartikan sebagai sesuatu yang penuh dengan antagonisme.
Konflik yang seringkali dihubungkan dengan sebuah kerusuhan, terorisme, revolusi dan juga kekerasan. Konflik yang mengandung sebuah pengertian “benturan” seperti sebuah perbedaan pendapat, persaingan, dan juga pertentangan diantara pemerintah dengan individu ataupun kelompok (Ramlan Subakti, 1992).

Macam-Macam Konflik

Konflik yang merupakan sebuah hal yang bisa membuat kerusuhan, tetapi mempunyai macam-macam dari jenis konflik. Apa saja macam-macam dari konflik itu ? marilangsung saja kita lanjutkan pembahasan yang akan dijelaskan sebagai berikut.
1. Konflik Berdasarkan Pihak Yang Terlibat Didalam Konflik
  1. Konflik Antara Individu Dengan Individu Yang Lain, misalkan konflik seperti ini yang sering terjadi didalam organisasi yang biasanya terjadi diantara anggota dengan anggota yang lainnya. Bahkan bisa terjadi juga kepada anggota dengan pimpinan dari organisasi. Yang sering terjadi karena adanya perbedaan paham dan juga tujuan dan adanya ego serta kurangnya sebuah komunikasi.
  2. Konflik Yang Terjadi Diantara Individu Dengan Kelompok, konflik yang sering terjadi didalam organisasi disaat sudah terjadi konflik individu. Misalkan konflik yang sering terjadi adalah konflik diantara sekelompok bawahan pada bagian tertentu dengan pimpinan organisasi yang akan terjadi apa bila tidak segera diselesaikan.
  3. Konflik Yang Terjadi Diantara Kelompok Dengan Kelompok Yang Lainnya, konflik ini yang sering terjadi pada lembaga ataupun organisasi yang sudah besar dan juga mempunyai banyak bagian-bagian sehingga sering juga memunculkan kepentingan-kepentingan yang berbeda diantara tiap-tiap bagian.
2. Konflik Dipandang Dari Dampak Ataupun Efek Yang Ditimbulkan

Macam-macam konflik ini dibagi menjadi dua konflik yaitu konflik fungsional dan juga konflik infungsional.
  1. pengertian konflik fungsional ialah apa bila dampak yang terjadi bisa memberikan manfaat ataupun benefit untuk organisasi. Dan tentu saja konflik seperti ini bisa terwujud apa bila konflik dapat dikendalikan serta dikelola secara baik. Contoh dari konflik fungsional ini adalah persaingan diantara karyawan atau juga persaingan diantara kelompok karyawan dengan pimpinan supaya dapat membuktikan skill mereka serta konflik berupa persaingan agar bisa menjadi yang terbaik diantara bagian ataupun divisi didalam organisasi.
  2. Pengertian konflik infungsional ialah sebuah konflik yang dampaknya terjadi dan tidak memberikan manfaat atau juga benifit untuk jalan dan juga berlangsungnya organisasi. Konflik seperti ini biasanya memberikan kerugian terhadap individu atau juga organisasi. Konflik yang seperti ini terjadi dengan tidak terencana dan juga tidak dikelola serta dikontrol dengan baik.

No comments:

Post a Comment